Sabtu, 23 Maret 2013

Menanti sesuatu yang indah, Yamaha Xeon RC!


SMA adalah waktu paling indah bagi kaum muda. Masa dimana gelora muda seakan mencapai puncaknya. Waktu dimana semua orang ingin menunjukkan eksistensi dirinya. Dimulai dari cara berperilaku, tatanan rambut, gaya berpakaian semua ingin terlihat menarik. Keren, mungkin itu gambaran yang tepat untuk fenomena masa transisi menuju remaja ini. Motor juga tak luput dari perhatian. Bagi anak SMA tunggangan itu juga menentukan kadar tinggi rendahnya pergaulan. Sama halnya yang terjadi di SMA ku. Hampir semua siswa memiliki kendaraan masing-masing. Bahkan, untuk lebih menarik perhatian banyak juga yang mengkreasikan sepeda motornya dengan modifikasi agar terlihat keren. Aku termasuk kaum minoritas disini. Hanya sepeda gunung yang aku punya untuk bisa sampai ke sekolah ku. Rasa minder memang sering aku rasakan. Ingin rasanya punya sepeda motor keren. Lebih keren dari mereka!
Jam dinding telah menunjukkan pukul 7 pagi. Sedangkan jam 8 aku harus mengikuti try out UN di SMA ku hari ini. Rupanya begadang belajar semalam suntuk tadi malam membuatku bangun kesiangan. Kukayuh sepeda gunung ku melewati jalan raya sejauh 3,5 Km. Dengan susah payah aku terus memacu. Tak sempat menikmati sarapan menjadikan kayuhan ini tak maksimal. Jam 8.30 aku sampai di sekolah, dengan sisa enrgi yang aku punya aku berlari menuju ruang kelas. Kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan soal sudah menjadi konsekuensi logis yang harus aku alami. Sulit bagiku untuk konsentrasi karena pikiran yang tak mau bekerja. Rupanya dia sedang sibuk mengurusi badan yang capek ini. Andai saja aku punya tunggangan baru, tunggangan yang cepat. Meskipun telat aku masih bisa menembus jalanan dalam waktu singkat dan menyelesaikan soal dengan cermat dan tepat.
Try out pun usai. Kukayuh lagi sepeda ku pulang ke rumah. Di persimpangan jalan Cokro Aminoto yang kulewati, salah seorang teman sedang mendorong sepeda motornya. Kuhampiri dia dan kutanyakan mengapa. Ternyata dia kehabisan bensin. Dengan sedikit rasa iba, aku turut membantunya mencarikan penjual bensin terdekat. Andaikan sepeda motor temanku ini lebih canggih sehingga bisa menghemat bahan bakar, mungkin dia tak akan mengalami kejadian ini.
Deru angin jalanan masih setia menemani perjalanan ku pulang. Lamunanku pun berkembang, terbang melayang. Dalam khayalan, aku membayangkan sedang mengendarai sepeda motor yang keren. Sangat keren sehingga ketika aku melewati gerbang sekolah semua mata tertuju pada ku. Tak hanya itu, ketika pulang sekolah pun rasanya aku tak sempat merasakan panasnya siang saking cepatnya motor melaju. Dengan mesin tekologi terbaru membuatnya lebih garang dan jarum indicator bensin tak bergerak dari tanda putih. Lamunanku buyar ketika masuk gang rumah. Namun, masih terbayang sebuah motor khayalan tadi. Ingin rasanya aku pekikkan kalimat ke seluruh dunia ini bahwa ”Aku ingin punya sepeda motor keren, cepat, dan canggih!”
Malam ini adalah waktu santai. Besok adalah hari libur. Tak ada try out. Kulewati malam ini dengan menonton TV di ruang tengah. Film drama fiksi hollywood saat itu berhasil menghipnotisku untuk betah berlama-lama di ruang tengah. Sekelebat kulihat iklan di TV, Jorge Lorenzo dengan sebuah motor matic yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Gambaran sebuah motor hebat ditambah pesonanya sebagai juara dunia Moto GP seketika menyedot penuh perhatian ku. Rasa penasaran untuk mencari tahu motor apa yang dikendarainya menggelitik pikiranku. 

Berbagai sumber resmi, mulai dari media cetak sampai online pun aku telusuri.  Rupanya Yamaha Indonesia baru saja meluncurkan varian motor matic terbaru yang merupakan upgrade dari matic 125 cc Xeon. Yamaha Xeon RC namanya. RC yang berarti Racing Champion dimaksudkan sebagai persembahan atas prestasi pabrikan Yamaha sebagai juara Moto GP 2012. Motor ini adalah matik injeksi ketiga Yamaha setelah Mio J dan Soul GT.
Tampilan luar dan body dari sebuah tunggangan menjadi hal pertama yang menarik perhatian ku. Ibarat seorang wanita, wajah cantik dan tubuh indah menjadi daya tarik pertama seorang laki-laki untuk bisa jatuh cinta padanya. Bentuk Yamaha Xeon RC yang aerodinamis, ramping, dan sporty langsung masuk dalam  kriteria keren di pikiranku. Kombinasi warna dari jok terlihat sangat menarik, sampai-sampai tak tega rasanya untuk mendudukinya. Warna bodi Xeon RC menggunakan gabungan dua warna sehingga tampak lebih elegan dan berkelas. Yamaha Xeon RC ini tersedia dalam 5 pilihan warna yang atraktif, yaitu Vicorious red, Regal Purple, Dazzling Black, Cosmic White dan Thunder Bolt.

 Warna titanium yang menghiasi cover knalpot menampilkan efek sporty bagi siapapun yang melihatnya. Tampilan eksterior Yamaha Xeon RC menjadi lebih agresif dan tajam terlihat jelas dari desain  lampu depan sampai lampu belakang. Desain lampu belakang dengan konsep After Burner Jet Tail Lamp serta lampunya yang Automatic Headlight On (AHO) menambah kenyamanan saat berkendara. Mengendarainya di jalanan mungkin akan menjadi pusat perhatian khalayak ramai karena tampilan motor ini yang sedap dipandang mata. Ini baru sepeda motor keren!
Motor ini juga telah mengalami perkembangan dari sektor mesin. Jika sebelumnya besar mesin hanya 26 mm kini membesar jadi 28 mm. Besarnya volume berbanding lurus dengan performa yang dihasilkan. Penambahan ini menaikkan performa mesin sebesar 8% sehingga kecepatan Yamaha Xeon RC semakin bertambah. Yamaha berhasil menurunkan bobot Xeon RC 3 Kg lebih ringan dari versi Xeon sebelumnya juga turut andil menjadikan matic ini lebih lincah dan gesit. Jalanan ramai, gang sempit, sampai jalan tikus pun akan terasa seperti jalan tol dengan Yamaha Xeon RC ini. Kata cepat cocok aku sematkan dalam varian matik Yamaha ini.
Canggih. Kata ini merupakan hal yang terepnting ketika kita membahas tentang sebuah teknologi. Terasa hambar, bagai sayur tanpa garam rasanya jika motor yang keren tampilannya, cepat larinya tapi tak dibarengi teknologi yang mumpuni. Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi yang dibuat untuk mesin kecil matic Yamaha. Teknologi ini mampu mendongkrak performa mesin sekaligus membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 20 persen. Hal ini menjadi logis karena adanya penambahan sistem pengabutan bahan bakar YMJET-FI yang menaikkan tenaganya menjadi 11,4 PS dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm. Ditambah lagi, Yamaha Xeon RC ini juga telah memiliki standar Euro 3.


                Varian matic terbaru Yamaha ini juga memiliki teknologi Key shutter, yang berfungsi untuk menyalakan motor, pengaman ganda dan pembuka bagasi. Faktor keamanan juga tak luput dari perhatian pabrikan asal jepang ini. Teknologi pengereman Smart Lock System telah diterapkan untuk motor ini. Praktis digunakan dan aman saat mengerem di jalan menanjak atau menurun. Dilengkapi dengan Smart Stand Switch yang berfungsi membantu kenyamanan berkendara. Ini baru namanya motor canggih, Bung! Gumamku dalam hati.

Rasa ingin memiliki sebuah sepeda motor pun semakin membuncah di hati ku. Inilah yang aku cari. Sepeda motor keren, cepat dan canggih! Yamaha Xeon RC jawabannya! Ku ungkapakan keinginan dan mimpi ku ini pada kedua orang tua ku. Ku ungkapkan segala keistimewaan dan keunggulan motor ini pada mereka dengan antusias. Pada akhirnya mereka luluh juga, sebuah janji mereka lontarkan pada ku. Janji untuk menghadiahkanku sepeda motor Yamaha ini. Namun ada satu hal yang mereka syaratkan pada anak laki-laki satu-satu nya ini. Aku harus bisa lolos seleksi SNMPTN dan bisa diterima di salah satu kampus neegeri yang favorit. Ya, tak salah juga mereka mensyaratkan hal itu. Karena sebuah harga yang pantas bagiku untuk menebus sesuatu yang berharga dengan sesuatu yang berharga pula. Mulai sekarang, akan aku simpan mimpi ini dalam hati ku. Kujadikan semangat untuk mengarungi sulitnya hidup saat ini. Karena di depan ada sesuatu yang indah sedang menanti. Yamaha Xeon RC!


<br />



Tidak ada komentar:

Posting Komentar