Senin, 18 Maret 2013

Belajar menghasilkan ide!


                                                                                                                      Oleh : Usman Nur Hamzah

   Setelah di pertemuan minggu lalu kita belajar tentang bagaimana menghasilkan ide, di minggu ini kita belajar bagaimana caranya menyampaikan ide tersebut agar dapat diterima oleh orang lain. Karena sebagus apapun ide yang kita hasilkan, terasa percuma jika kita tidak dapat menyampaikannya sehingga orang lain dapat mengerti dan menerimanya. Berbicara mengenai menyampaikan ide, pastilah kita memerlukan public speaking yang bagus.  Untuk sesi pertama, kita disajikan video dari Steve Job, CEO apple salah satu perusahaan laptop terbesar di dunia. Seperti kita ketahui beliau adalah seorang yang pandai presentasi, meyakinkan orang, sehingga orang dapat menerima bahkan terkagum-kagum akan inovasi yang dibuatnya. Dalam video yang berdurasi sektar 4 menit tersebut terlihat Steve Job sedang mempresentasikan temuan terbarunya yaitu MacBook air, laptop tertipis di dunia. Penonton dalam video tersebut dibuat kagum dengan presentasi tersebut. Dan kemudian para peserta SSI diberi tugas untuk menganalisa unsur-unsur apa saja yang membuat presentasi Steve Job berhasil dan bahkan mengagumkan.
    Berdasarkan penjelasan dari school master SSI, Pak Darmawan Sigit, dan buku rahasia presentasi Steve Job, ada 6 unsur penting yang diterapkan oleh sang master presentasi Steve Job dan menjadi poin penting untuk menyampaikan ide dengan baik yang disebut dengan SUCCESs.
S = Simple
U = Unpredictabe
C = Concrete
C = Credibel
E = Emotional
S = Story
  
   Ketika kita menyampaikan ide kepada orang lain, kita harus meyederhanakan ide tersebu agar mudah dipahami karena pada dasarnya otak manusia lebih suka dengan sesuatu yang sederhana dan yang telah terskema di pikiran kita. Maka dari itu poin pertama Simple harus terpenuhi. Untuk menarik perhatian para audiens terkadang kita harus membuat presentasi kita tidak terduga, seakan keluar dari jalur, dan tidak pernah terpikirkan oleh para audiens dan dapat memperkuat pesan yang akan kita sampaikan. Unpredictabe. Untuk memperkuat pesan yang akan kita sampaikan, kita bisa memberikan analogi atau contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari agar pesan yang kita sampaikan kuat dan memiliki gambaran yang dapat diterima audiens. Poin kredibel menjadi penting karena terkadang para audiens akan lebih percaya dan memperhatikan apa yag disampaikan jika orang tersebut diyakini memiliki kompetensi terhadap suatu masalah yang akan disampaikan. Jikalau kita tidak memiliki latar belakang akan suatu masalah yang akan kita sampaikan bukan berarti kita tidak bisa dianggap kredibel, kita dapat meyakinkan para audiens dengan menyampaikan referensi dari buku atau pendapat para ahli untuk memberian dasar yang kuat. Poin selanjutnya adalah emosional, kita dapat memainkan emosi para audiens sehingga tetap memperhatikan apa yang kita bicarakan. Dapat kita terapkan dalam pemilihan kata yang menarik dan cenderung menyentuh emosi seperti luar biasa, mengagumkan,dan  menakjubkan. Ketika emosi para audiens sudah kita sentuh, maka kita akan dengan mudah menguasai panggung dan menyampaikan pesan kita. Dan yang terakhir adalah story atau cerita, dalam menyampaikan ide kita bisa memberikan alur didalamnya sehingga terbentuk sebuah kesan yang dapat memperkuat pesan. Cerita tersebut bisa kita sisipkan menjadi sebuah contoh kasus ataupun cerita yang berhubungan dengan masalah yang akan kita sampaikan. 
Demikian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat berguna dan menambah pengetahuan tentang public speaking kita.

1 komentar:

  1. Harrah's Casino and Resort - Mapyro
    Find Harrah's Casino and Resort, Reno Hotels, Resorts 대전광역 출장마사지 and Resorts, Nevada, United States, 사천 출장마사지 ratings, photos, Harrah's Hotel 군포 출장안마 And Casino. 777 Harrahs Blvd, Reno, 안산 출장샵 NV 군포 출장안마

    BalasHapus