Oleh : Usman Nur Hamzah
Setelah di pertemuan minggu lalu kita belajar
tentang bagaimana menghasilkan ide, di minggu ini kita belajar bagaimana
caranya menyampaikan ide tersebut agar dapat diterima oleh orang lain. Karena
sebagus apapun ide yang kita hasilkan, terasa percuma jika kita tidak dapat
menyampaikannya sehingga orang lain dapat mengerti dan menerimanya. Berbicara
mengenai menyampaikan ide, pastilah kita memerlukan public speaking yang bagus. Untuk sesi pertama, kita disajikan video dari
Steve Job, CEO apple salah satu perusahaan laptop terbesar di dunia. Seperti
kita ketahui beliau adalah seorang yang pandai presentasi, meyakinkan orang,
sehingga orang dapat menerima bahkan terkagum-kagum akan inovasi yang
dibuatnya. Dalam video yang berdurasi sektar 4 menit tersebut terlihat Steve
Job sedang mempresentasikan temuan terbarunya yaitu MacBook air, laptop
tertipis di dunia. Penonton dalam video tersebut dibuat kagum dengan presentasi
tersebut. Dan kemudian para peserta SSI diberi tugas untuk menganalisa
unsur-unsur apa saja yang membuat presentasi Steve Job berhasil dan bahkan
mengagumkan.
Berdasarkan
penjelasan dari school master SSI, Pak Darmawan Sigit, dan buku rahasia
presentasi Steve Job, ada 6 unsur penting yang diterapkan oleh sang master
presentasi Steve Job dan menjadi poin penting untuk menyampaikan ide dengan
baik yang disebut dengan SUCCESs.
S
= Simple
U
= Unpredictabe
C
= Concrete
C
= Credibel
E
= Emotional
S
= Story
Ketika kita menyampaikan ide kepada orang
lain, kita harus meyederhanakan ide tersebu agar mudah dipahami karena pada
dasarnya otak manusia lebih suka dengan sesuatu yang sederhana dan yang telah
terskema di pikiran kita. Maka dari itu poin pertama Simple harus terpenuhi. Untuk
menarik perhatian para audiens terkadang kita harus membuat presentasi kita
tidak terduga, seakan keluar dari jalur, dan tidak pernah terpikirkan oleh para
audiens dan dapat memperkuat pesan yang akan kita sampaikan. Unpredictabe.
Untuk memperkuat pesan yang akan kita sampaikan, kita bisa memberikan analogi
atau contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari agar pesan yang kita sampaikan
kuat dan memiliki gambaran yang dapat diterima audiens. Poin kredibel menjadi
penting karena terkadang para audiens akan lebih percaya dan memperhatikan apa
yag disampaikan jika orang tersebut diyakini memiliki kompetensi terhadap suatu
masalah yang akan disampaikan. Jikalau kita tidak memiliki latar belakang akan
suatu masalah yang akan kita sampaikan bukan berarti kita tidak bisa dianggap
kredibel, kita dapat meyakinkan para audiens dengan menyampaikan referensi dari
buku atau pendapat para ahli untuk memberian dasar yang kuat. Poin selanjutnya
adalah emosional, kita dapat memainkan emosi para audiens sehingga tetap
memperhatikan apa yang kita bicarakan. Dapat kita terapkan dalam pemilihan kata
yang menarik dan cenderung menyentuh emosi seperti luar biasa,
mengagumkan,dan menakjubkan. Ketika
emosi para audiens sudah kita sentuh, maka kita akan dengan mudah menguasai
panggung dan menyampaikan pesan kita. Dan yang terakhir adalah story atau
cerita, dalam menyampaikan ide kita bisa memberikan alur didalamnya sehingga
terbentuk sebuah kesan yang dapat memperkuat pesan. Cerita tersebut bisa kita
sisipkan menjadi sebuah contoh kasus ataupun cerita yang berhubungan dengan
masalah yang akan kita sampaikan.
Demikian
yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat berguna dan menambah pengetahuan
tentang public speaking kita.
Harrah's Casino and Resort - Mapyro
BalasHapusFind Harrah's Casino and Resort, Reno Hotels, Resorts 대전광역 출장마사지 and Resorts, Nevada, United States, 사천 출장마사지 ratings, photos, Harrah's Hotel 군포 출장안마 And Casino. 777 Harrahs Blvd, Reno, 안산 출장샵 NV 군포 출장안마